Teruslah Berubah, Jangan Pernah Berhenti

September 20, 2008 at 2:32 am (Rusdin Didin, Strategi, Uncategorized) ()

Oleh Rusdin Didin

Baru-baru ini, aku mendapat banyak pelajaran bermakna dalam hidup. Pelajaran yang selalu membuat pikiranku mengalir puluhan pertanyaan dalam diri. Salah satu pertanyaanku—dari sekian banyak pertanyaan—yaitu adakah perubahan dalam hidupku ini. Aku sadar dan sangat sadar bahwa waktu terus bergati, dan tak pernah mengenal kata berhenti tapi sudahkah diriku ini menjadi lebih baik. Ah…aku tersadar, aku harus sesegera mungkin mengubah gelombang hidupku. Karena aku yakin bahwa hidup ini selalu mengalami perubahan. Bukan begitu sahabat?

Dua alternatif yang pasti aku jalani dalam rangka pencapaian perubahan hidupku. Apa itu? perubahan ke arah yang baik atau sebaliknya, berubah ke arah keburukkan. Setiap hari pastilah diriku berubah. Dan dua alternatif tadi (kebaikan atau keburukkan) pastilah terjadi dalam keseharian hidupku. Bahkan, kalau aku tak mau berubah ke arah lebih baik, pastilah aku akan menjalani kehidupan yang terpuruk. Aku ingat sekali sabda baginda Rasulullah tercinta (Saw);

“Barang siapa yang hari ini sama saja dengan hari kemarin maka merugilah orang itu. Barang siapa yang hari ini tidak lebih baik dengan hari kemarin maka celakalah ia. Dan, barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka beruntunglah ia.”

Subhanallah! Hatiku semakin mantap. Mantap sekali! Manusia selalu menjalani perubahan demi perubahan dalam hidupnya. Bahkan, manusia yang tak mau mengubah hidupnya, sesungguhnya ia sedang menjalani perubahan kehidupan. Bingung? Bagus…

 Bagini maksudku…

Ambil contoh. Kalau aku tetap diam, tak mau berupaya memperbaiki diri, tentu saja aku akan menjadi itu-itu saja. Alias aku hanya  menjadi orang yang pasif terhadap masa depanku. Atau aku hanya mengikuti alur kehidupan ini saja, tanpa mau merencanakan masa depanku kelak. Nah, dengan begitu, tentu saja aku tak mengalami banyak perubahan dalam hidup. Bagaiamana diriku akan berubah, kalau aku tak mau membuat rencana, mempersiapkan diri, dan menggapai semua itu. Toh, aku hanya diam sambil menyaksikan perubahan hidup ini.

Kalau aku terus-terusan seperti itu besar kemungkinan justru aku berubah ke arah keburukkan. Nampaknya tidak masuk akal? Tunggu dulu! Biasanya orang-orang yang tak mau sesegera melakukan hal-hal positif pastilah hal-hal negatif yang menyelimuti pikiran, perasaan, dan akhirnya tindakannya. Setan itu pandai sekali. Setan akan menggoda kita yang hanya berdiam diri, tak mau merencanakan masa depan.

Tepat sekali, jika Allah menganjurkan hamba-hamba- Nya untuk terus berubah, jangan pernah berhenti. Firman-Nya,

“Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan positif [kebaikan]), tetaplah bekerja keras [sungguh-sungguh] (untuk urusan [kebaikan] yang lain)” (Al-Insyirah[ 94]:7)

Oh tidak! Ternyata selama ini aku menyianyiakan detik demi detikku untuk menuai kebaikan. Selama ini aku lewatkan detik-detikku untuk kekecewaan, pengeluhan-pengeluh an hidup, kemalasan, ketidakpercayaan diri, kebohongan, dan penyesalan-penyesal an masa lalu. Astagfirullah! !!…

Benar-benar aku telah merugi. Tapi jangan khawatir. Tak ada kata terlambat mengubah diri menjadi lebih baik. Allah Maha Pengampun. Ampunan-Nya seluas langit dan bumi ini. Maka tak perlu berlama-lama membiarkan detik demi detik terlalui dengan penyesalan.

Sekarang waktunya mentransformasi penyesalan demi penyesalan dengan keoptimisan. Gantilah pakaian ketakutan hidup dengan keberanian. Pakailah pakaian kesyukuran dan selimutilah kehidupan ini dengan kebahagiaan. Ingat! Allah selalu menyertai orang-orang yang penuh syukur, penuh ketekunan, kesabaran, dan seterusnya.

Akhirnya, yuk! Sambut detik ini dengan terus berubah ke arah kebaikan seperti anjuran Allah dalam surah Al-Insyirah ayat tujuh. Tunggu apalagi! BERUBAHLAH!! ! http://rusdin. wordpress. com, Penulis buku Quranic Law of Attraction dan The Secret for Muslimah

1 Komentar

  1. Demi said,

    […] If you liked this post then you may like this one […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: