Usul Waktu Mekkah gantikan GMT

September 4, 2008 at 4:41 pm (Muslim) ()

Sumber : BBC Siaran Indonesia, 04 September 2008

By BBC Indonesia
Mekkah
Mekkah dianggap benar-benar berada di pusat dunia

Sejumlah ulama dan pakar ilmu Islam menyerukan agar Waktu Mekkah dipakai untuk menggantikan GMT atau Greenwich Mean Time.

Alasan mereka, seperti dilaporkan wartawan BBC Magdi Abdelhadi, adalah kota Mekkah memang benar-benar berada di pusat dunia.

Himbauan itu dikemukakan dalam sebuah konperensi di Qatar yang berjudul, Mekkah Pusat Dunia, Teori dan Praktek.

Seorang pakar Geologi berpendapat bahwa Mekkah berada di titik lintang yang persis lurus dengan titik magnetik Kutub Utara, jadi tidak seperti garis lintang lainnya.

Dia mengatakan bangsa Inggris menetapkan GMT untuk seluruh dunia ketika negara itu masih merupakan kekuatan kolonial yang besar.

Greenwich
Pusat pengamatan bintang Greenwich menjadi titik nol GMT

Seorang ulama terkemuka, Sheikh Youssef Al Qaradawy, mengatakan sains modern akhirnya menunjukkan bukti bahwa Mekkah berada di pusat bumi yang sebenarnya, yang sekaligus merupakan bukti tentang keagungan arah Kiblat.

Konperensi di Qatar itu juga membahas temuan seorang Muslim Perancis yang disebut arloji Mekkah.

Arloji itu dilaporkan berputar berlawanan dengan arah jarum jam –yang biasanya berputar ke kanan– dan juga bisa menunjukkan arah Kiblat dari tempat manapun di dunia.

Konperensi Qatar merupakan bagian dari upaya dunia Islam untuk mencari bukti-bukti mengenai sains dari kitab suci Al Qur’an.

Kecenderungan ini disebut Ijaz Al-Qur’an yang kasarnya berarti keajabaiban naskah kitab suci.

Ide dasarnya adalah bahwa kebenaran ilmiah sudah tertera dalam Al Qur’an, dan merupakan tugas para ilmuwan untuk mencari bukti yang sudah ada dalam ayat-ayatnya.

1 Komentar

  1. Opungregar said,

    Konperensi Qotar menghimbau bahwa Mekkah Pusat Dunia, Teori dan Praktek.. Ajakan atau himbauan ini nampaknya tidak saja sebagai upaya dunia Islam mencari bukti-bukti mengenai sains dari kitab suci Al-Qur’an. Tetapi juga mengajak untuk menciptakan suatu dialog yang membangun dan penuh persaudaraan. Sehingga pakar ilmu islam dan ulama, termasuk orang-orang yang munguasai keterampilan di bidangnya masing-masing dapat berkontribusi dalam upaya bukti-bukti mengenai sains dalam Al-Qur’an.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: