Bill Clinton dukung Obama

Agustus 28, 2008 at 5:12 pm (Barack Obama) ()

Sumber : BBC Siaran Indonesia, 28 Agustus, 2008

Diperbaharui pada: 28 Agustus, 2008 – Published 09:54 GMT
Bill Clinton
Clinton juga meminta pendukung istrinya, Hillary, mendukung Obama

Mantan Presiden Bill Clinton memberi dukungan besar kepada calon presiden AS dari Partai Demokrat Barack Obama, dengan mengatakan Obama “siap untuk memimpin Amerika”.

Dia adalah orang yang akan memulihkan kepemimpinan Amerika di dunia, kata Clinton kepada para anggota partai Demokrat yang berkumpul di konvensi di Denver, Colorado.

Obama tampil mendadak di panggung setelah Joe Biden menerima pencalonannya sebagai kandidat wakil presiden.

Senator Obama, politisi Amerika keturunan Afrika pertama yang dicalonkan oleh partai besar di Amerika Serikat akan berpidato hari Kamis untuk menerima pencalonannya.

Ketika tampil setelah pidato Biden, Obama berkelakar dengan mengatakan konvensi partai “berjalan cukup baik” dan memuji istrinya, Michelle, serta Hillary Clinton atas pidato mereka.

Barack Obama siap untuk memenuhi sumpah untuk menjaga, melindungi dan membela Konstitusi. Barack Obama siap untuk menjadi presiden Amerika Serikat
Mantan Presiden Bill Clinton

Dia mengatakan acara terakhir pada konvensi itu, yang akan digelar di sebuah stadiun olahraga dengan 70.000 peserta, dirancang untuk memperlihatkan bahwa perubahan datang dari orang biasa yang melakukan “hal luar biasa”.

“Kami ingin membuka konvensi ini untuk memastikan semua orang yang ingin datang bisa bergabung dengan partai ini, dan ikut berusaha meraih Amerika lagi,” katanya.

Pada pemilihan presiden tanggal 4 November, Obama akan berhadapan dengan calon dari Partai Demokrat, John McCain, yang akan dicalonkan resmi pekan depan pada konvensi partainya di Minneapolis-St Paul.

Mantan Presiden Bill Clinton, yang mendapat sambutan meriah dari para anggota delegasi, berpidato dengan disaksikan oleh istrinya, Hillary dan putri mereka, Chelsea.

Dalam pidatonya, Clinton mengatakan dia bangga kepada istrinya yang bersaing dengan Obama pada pemilihan negara bagian untuk menjadi calon dari partai namun sekarang para pendukung Hillary harus mendukung Senator Obama.

“Semalam Hillary mengatakan dengan tegas bahwa dia akan berusaha sekuat tenaga agar Barack Obama terpilih. Saya juga berpandangan sama.”

“Sebenarnya itu juga yang diinginkan 18 juta dari kita – karena, sama dengan Hillary, saya ingin kalian semua yang mendukung Hillary memilih Barack Obama pada bulan November.”

‘Sisi yang benar dalam sejarah’

Mantan Presiden AS itu berbicara tentang “kemampuan hebat Obama untuk memberi inspirasi bagi orang lain” dan mengatakan dia membuat pilihan sangat baik dengan berpasangan dengan Joe Biden.

Lebih lanjut Clinton melanjutkan: “Barack Obama siap untuk memenuhi sumpah untuk menjaga, melindungi dan membela Konstitusi. Barack Obama siap untuk menjadi presiden Amerika Serikat.”

Joe Biden dan Barack Obama
Obama tampil sebentar setelah pidato Biden

Clinton membandingkan kecaman Partai Republik terhadap Obama tentang kurangnya pengalaman dan usianya yang muda dengan kecaman terhadap dirinya pada tahun 1992 dulu.

“Kedengarannya sama? Hal itu gagal pada tahun 1992, karena kami berada pada sisi yang benar dalam sejarah. Dan itu akan gagal pada tahun 2008, karena Barack Obama berada pada sisi yang benar dalam sejarah.”

Biden, yang pekan lalu dipilih oleh Obama untuk menjadi calon wakil presiden, mengatakan dia mendapat kehormatan dalam berdiri di panggung bersama dengan Bill Clinton.

Dia memuji Obama dengan mengatakan: “Barack Obama dan saya memiliki jalan yang sangat berbeda menuju tujuan ini, namun kami memiliki cerita yang sama,” katanya.

Dia menegaskan bahwa dibutuhkan pendekatan baru untuk membantu rakyat Amerika yang kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan untuk mengubah kebijakan luar negeri AS di dunia.

Pakar kebijakan luar negeri berusia 65 tahun itu dipilih sebagai calon wakil presiden oleh Obama berdasarkan pengalamannya itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: