Menemukan Sebuah Tempat Rahasia

Agustus 20, 2008 at 5:19 pm (J. K. Rowling, Novel) ()

Oleh Fan Fan F Darmawan (Penerbit Mizan)
Akankah Will Burrows membunuh HArry Potter. Review : Tunnels ; Will Burrows dan Koloni Misterius Bawah Tanah (oleh Dani Ramdhany). Apa yang terjadi jika terowongan misterius berada di hadapan Anda? Dan Anda diwajibkan masuk ke dalamnya. Apa yang harus Anda persiapkan? Korek api, pisau lipat Swiss, senter, gulungan benang, kompas, ataukah alat-alat lain?
Peralatan-peralatan standar tersebut sudah pasti dibutuhkan untuk menyusuri kegelapan bawah tanah. Tapi, ada hal yang paling penting agar ekspedisi Anda berhasil. NYALI! Ya, tanpa keberanian baja saat memasuki terowongan pekat tak bertuan, dijamin Anda akan tersesat dan bisa jadi nyawalah taruhannya.
Masihkah Anda berani menerima tantangan ini dan terus melangkah untuk menyibak rahasia mematikan di dalam lorong-lorong purba bawah tanah tersebut?
Tunnels akan menunjukkan kepada Anda dunia gelap yang selama ini tak pernah terduga oleh manusia dunia atas. Kehidupan bawah tanah yang di sana tinggal satu koloni manusia misterius. Novel yang ‘ditemukan’ oleh Barry Cunningham, editor penemu Harry Potter, akan membawa Anda menyusuri terowongan-terowong an berliku yang nantinya mempertemukan Anda dengan kehidupan mengejutkan: Koloni misterius bawah tanah.
Kisah berawal ketika Will dan ayahnya, Dr. Burrows, menemukan sebuah tempat rahasia yang selama ini menjadi pertanyaan besar mereka. Highfield & Crossly North. Kegemaran mereka melakukan penggalian di pinggiran Kota London akhirnya membuahkan hasil. Merekalah yang pertama menemukan kembali jalur Highfield. Sejak dibangun pada 1895, belum ada seorang pun yang menginjakkan kaki di tempat itu. Agar penemuan tersebut tidak bocor ke telinga pesaing Dr. Burrows, karena trauma saat hasil penggalian pertama dibajak, mereka berdua menutup rapat kejadian ini. Hingga ayah dan anak itu mengetahui dengan pasti apa sebenarnya yang berada di dalam terowongan tersebut.
Di lain pihak, keluarga Burrows tengah kacau dan mengalami permasalahan serius. Mrs. Burrows dan adik Will, Rebecca, mempunyai kesukaan yang amat berbeda. Rebecca merupakan remaja puteri yang ingin selalu unggul di segala bidang. Prestasi di sekolahnya memukau dan segala pekerjaan rumah selalu dipastikannya sempurna. Sementara itu, Mrs. Burrows menghabiskan sepanjang hari dengan menonton acara televisi di sofa kesayangannya. Hidupnya hanya berkisar antara remote dan menonton opera televisi. Percekcokan tak jarang meledak di rumah mereka. Inilah yang membuat Will dan ayahnya tak betah dan lebih tertarik bersenang-senang dengan dunia ekstrim menggali tanah dan mencari jejak-jejak purbakala.
Masalah semakin pelik kala teman-teman sekolah Will selalu meledek habis-habisan kekurangannya. Perawakan besar dan wajah pucatnya yang berbeda dengan orang tua dan adiknya, membuat dia menjadi sasaran olok-olokan teman-temannya. Hanya Chester yang mau menjadi temannya.
Tak berhenti sampai di sini, setelah menemukan terowongan rahasia, mendadak Dr. Burrows raib entah ke mana. Namun sebelumnya sudah ada tanda-tanda keganjilan tatkala seorang bertubuh tegap, bertopi, dan berwajah pucat membuntuti Dr. Burrows. Lelaki asing itu bergerak-gerik aneh dan berkeliaran di Kota London. Bersama Chester, Will berusaha menemukan ayahnya yang menghilang.
Will dan Chester semakin penasaran ketika mereka menemukan terowongan Highfield ternyata mempunyai cabang-cabang seperti labirin tak berujung. Mereka semakin dalam masuk ke dunia bawah tanah. Di sana mereka menemukan sebuah koloni yang anehnya kehidupannya sama persis dengan yang dilakukan manusia dunia atas (topsoilers) . Hanya yang membedakan adalah koloni tersebut bermuka tirus dan pucat pasi. Selain itu, penerangan kota tempat mereka berdiam dibuat dari bola-bola pijar.
Petualangan terus berlanjut dan semakin mematikan ketika Will dan Chester diburu oleh Sekumpulan Penjaga Koloni yang dipimpin Styx. Kedua bocah itu pontang-panting berusaha melarikan diri agar rencana mereka tetap aman. Dan Dr. Burrows dapat ditemukan kembali.
Bagaimana kelanjutan kisah Tunnels: Will Burrows dan Koloni Misterius Bawah Tanah yang diprediksikan oleh New York Magazine sebagai ‘the next Harry Potter’ yang segera membius Hollywood? Yang pasti, novel ini akan menjawab dahaga para pencinta kisah fantasi setelah tujuh seri fantastis Harry Potter karya J. K. Rowling rampung. Barry Canningham sepertinya menjadi jaminan penuh bahwa novel ini tak kalah hebatnya dengan kisah fantastis si penyihir berkacamata, Harry Potter. Berhati-hatilah topsoilers!
Catatan prestasi-prestasi menakjubkan Tunnels:
Diterjemahkan ke dalam 21 bahasa. #1 buku bestseller di Prancis, Rumania, dan Republik Ceko.
Masuk daftar buku anak terbaik versi “Book Club” paling bergengsi di Inggris. Total uang muka penerbitan lebih dari $ 500.000. Relativity Media USA segera membuat film layar lebarnya dengan nilai hak cipta sebesar $ 1 juta.
Send instant messages to your online friends http://uk.messenger .yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: